LAYANAN VCT/IMS

LAYANAN VCT

Kita mungkin sudah tidak asing dengan kata-kata HIV dan AIDS. Itu adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh berbagai kalangan masyarakat .Hal itu disebabkan karena penularannya didapat dari prilaku seseorang yang dianggap tabu oleh masyarakat, terutama oleh masyarakat timur. Salah satu penularannya adalah lewat hubungan seksual yang tidak aman tanpa menggunakan kondom dengan banyak pasangan atau lewat penggunaan jarum suntik yang bergantian bagi mereka pecandu narkotika suntik. Mungkin cara fikir kita tentang penularan HIV harus sedikit diubah. Yang sekarang menjadi masalah adalah seorang ibu rumah tangga biasa bisa terinfeksi HIV yang didapat karena prilaku pasangannya. Atau bayi yang baru lahirpun bisa tertular HIV dari ibunya sendiri dimana sang ibu tidak mengetahui tentang status HIV nya. Atau seseorang yang secara tidak sengaja mendapatkan penyakit ini akibat tindakan medis seperti tranfusi darah ataupun transplantasi organ. Jika seperti itu siapa yang mau disalahkan? Beberapa tahun belakangan ini pemerintah dengan pihak lembaga sosial masyarakat sedang menggalakkan tentang VCT. Tahukah kita tentang VCT atau TIPK ?

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 21 tahun 2013 disebutkan bahwa pemeriksaan diagnosis HIV dilakukan melalui VCT dan TIPK ( Tes Inisiatif Pemberi Pelayanan Kesehatan dan Konseling ). Voluntary Counseling Test (VCT) adalah proses konseling pra testing, testing, dan konseling post testing secara sukarela yang bersifat confidential dan secara lebih dini membantu orang mengetahui status HIV. Konseling pra testing memberikan pengetahuan tentang HIV & manfaat testing, pengambilan keputusan untuk testing, dan perencanaan atas issue HIV yang akan dihadapi. Konseling post testing membantu seseorang untuk mengerti & menerima status (HIV+) dan merujuk pada layanan dukungan. Dapat dikatakan, Voluntary Counseling Test (VCT) : Merupakan pintu masuk penting untuk pencegahan dan perawatan HIV yang merupakan sebuah dialog yang terjaga kerahasiaan antara konselor dan klien

LAYANAN IMS

UPT. Puskesmas Kuta I menyediakan poliklinik khusus untuk infeksi menular seksual (IMS). Pelayanan kesehatan diberikan oleh dokter dan paramedis yang telah terlatih dalam bidang IMS. Poliklinik IMS juga menyediakan fasilitas pengambilan sampel duh tubuh untuk kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium. Kerahasiaan klien sangat terjamin.