RENCANA KERJA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2020

  • 04 Juni 2020
  • Oleh: dikes
  • Dibaca: 1057 Pengunjung

Hari/Tanggal
:
Kamis, 04 Juni 2020 s/d Selasa, 30 Juni 2020
Tempat
:
PUSKESMAS KUTA UTARA

RENCANA KERJA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS TAHUN 2020

 

 

 

 

NO

 

KOMPONEN

 

INDIKATOR

 

LANGKAH AKSI

 

BUKTI FISIK

 

TARGET WAKTU

 

1

2

3

4

5

6

 

I

MANAJEMEN PERUBAHAN

 

 

1

 

Tim Kerja

SK Tim Kerja ZI telah dibuat sesuai prosedur yang telah ditetapkan

 

Mereview SOP pemilihan tim kerja ZI

Pemilihan calon anggota Tim Kerja ZI sesuai prosedur pembentukan Tim ZI

Terbentuknya Tim Kerja ZI

 

SOP Pemilihan Tim Kerja ZI

Sudah Terdapat SK. Tim Kerja Menuju Zona Integritas UPTD Puskesmas Kuta Utara

 

 

   

 

 

 

2

 

 

Dokumen Rencana Pembangunan ZI

 

Dokumen rencana kerja pembangunan ZI telah dibuat dan disosialisasikan

Penyusunan dokumen rencana kerja pembangunan ZI, menentukan rencana aksi tahun 2020, mensosialisasikan kepada

seluruh pegawai, sosialisasi melalui website

 

Dokumen rencana kerja pembangunan ZI yang dipublikasikan di website UPTD Puskesmas Kuta Utara

Juni 2020

 

 

 

3

Pemantauan dan Evaluasi pembangunan

WBK/WBBM

Pemantauan dan Evaluasi pembangunan WBK/WBBM secara berkala per semester

Rapat Evaluasi pembangunan WBK/WBBM setiap 6 bulan sekali, Tindak lanjut hasil Monev

Sebelumnya

 

Undangan rapat, daftar hadir, notulasi rapat, Lembar Monev ZI, bukti pelaksanaan tindak lanjut

hasil Monev sebelumnya

 

Juni, Desember 2020

 

4
Perubahan Pola Pikir dan budaya kerja
  1. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan WBK/WBBM
  2. Agen perubahan sudah ditetapkan
  3. Budaya kerja dan pola pikir sudah dibangun di lingkungan organisasi
  4. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM?
  1. Pimpinan memberi teladan dengan mengisi / mencatat kehadiran setiap hari seperti pegawai lain.
  2. Menetapkan SK Tim Agen perubahan
  3. Capacity Building, budaya kerja dan Pelayanan Prima
  4. Sosialisasi PZI kepada selutuh staf
  1. Daftar hadir
  2. Sudah Terdapat SK Tim Agen Perubahan
  3. Sudah Terlaksana Tahun 2019
  4. Sudah Terlaksana Tahun 2019

 Januari – Desember 2020

         

 

 

II

PENATAAN TATA

LAKSANA

 

 

 

 

 

 

1

Prosedur Operasional tetap (SOP) kegiatan utama

SOP telah mengacu pada proses bisnis instansi dan dipahami seluruh pegawai SOP telah dievaluasi

Seluruh pegawai telah memiliki SOP yang telah ditetapkan, SOP tersedia di ruang pelayanan. Melaksanakan evaluasi dokumen SOP

SOP UPTD Puskesmas Kuta Utara, Laporan Hasil Audit Internal tentang SOP

SOP yang sudah di ubah

 

Juni 2020

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

E- Office (2)

  1. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi
  2. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi
  3. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan Pemanfaatan IT pemberian layanan publik telah dilakukan monev secara berkala
  1. Absen online, penggunaan SIMPEG pada manajemen kepegawaian
  2. Penggunaan aplikasi p care dan e pusk
  3. Melakukan Monev pemanfaatan IT setiap enam bulan sekali dengan mengisi formulir MONEV
  1. Narasi dan Sreenshoot SIMPEG, dan absensi online
  2. Narasi serta screenshoot p care dan e pusk
  3. Formulir Monev pemanfaatan IT yang telah diisi

 

  1. Juni 2020
  2. Juni 2020
  3. Juni,Desember 2020

 

       

 

 

 

3

 

 

Keterbukaan Informasi Publik

 

Kebijakan informasi publik telah sesuai dengan peraturan perundang- undangan

UPTD Puskesmas Kuta Utara menerapkan keterbukaan informasi publik. Kepala Puskesmas  menyediakan informasi publik secara jelas, akurat dan tepat waktu.

 

  1. Screenshoot/ dokumentasi disertai dengan narasi dari instagram, website puskesmas, running text dan banner yang terpasang.SK Tentang Akses Masyarakat, Sasaran Program, Pasien untuk Berkomunikasi dengan Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Program dan Pelaksana di UPTD Puskesmas Kuta Utara
  2. RTL dari pengaduan masyarakat dan Indeks Kepuasan Masyarakat

 

  1. Juni 2020
  2. Juni  2020

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik telah dimonitoring dan dievaluasi secara berkala

Mengevaluasi website dan instagram puskesmas, serta running text dan banner

Dokumen evaluasi

Desember 2020

 

 

III

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

 

1

Perencanaan Kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan

Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis

beban kerja untuk masing- masing jabatan

Menyusun analisa kebutuhan pegawai, Menyusun ANJAB ABK

 

 

Dokumen ANJAB ABK, Laporan analisa Kebutuhan pegawai

 

 

Januari 2020

 

Penempatan pegawai mengacu kepada kebutuhan organisasi yang telah disusun per

Jabatan

Menyusun tugas pokok dan tugas tambahan setiap pegawai sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan ketersedian tenaga

 

Sudah Terdapat SK Tentang Penanggung Jawab Program, Uraian Tugas serta Persyaratan Kompetensi Pemegang Program dan Pelaksana Admen, UKM, UKP di UPTD Puskesmas Kuta Utara

 

 

Monitoring dan evaluasi terhadap penempatan pegawai untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja

Membuat Analisa SKP,

Melakukan audit internal terhadap pelaksanaan pekerjaan berdasarkan SOP

Dokumen Analisa SKP,

 

Dokumen Audit Internal

 

Desember 2020

 

 

2

 

Pola Mutasi Internal

Mutasi pegawai antar jabatan telah

memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan

Mutasi pegawai antar jabatan ditetapkan dengan SK Kepala Puskesmas

Sudah Terdapat SK Tentang Penanggung Jawab Program, Uraian Tugas serta Persyaratan Kompetensi Pemegang Program dan Pelaksana Admen, UKM, UKP di UPTD Puskesmas Kuta Utara

 

 

 

Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan secara

berkala

Membuat monitoring dan evaluasi efektifitas penempatan pegawai

Laporan monitoring efektifitas penempatan pegawai pertahun

 

Desember 2020

 

3

 

Pengembangan pegawai berbasis kompetensi

 

Unit kerja melakukan training need analysis untuk pengembangan kompetensi

Menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai melalui, Analisa Kebutuhan diklat fungsional tertentu dan fungsional

umum

Dokumen Training need analysis

Juli 2020

 

Penyusunan rencana pengembangan kompetensi pegawai sudah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai

 

Mengisi Form perencanaan pendidikan dan pelatihan sesuai fromulir

Form Perencanaan pendidikan dan pelatihan tahun 2020

Januari 2020

 

Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-

masing jabatan kurang dari 25%

 

Melakukan analisis Anjab ABK

Prosentase kesenjangan kompetensi

Januari 2020

 

Pegawai di unit kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya

 

Menyusun rekapitulasi pegawai yang telah mengikuti

diklat/magang

 

Register diklat dan pengembangan kompetensi lainnya

 

Januari – Desember 2020

 

Monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan

secara berkala

 

Melakukan monev terhadap kegiatan pendidikan dan pelatihan yang telah diikuti

 

 

Formulir monitoring efektifitas pendidikan dan pelatihan

 

Desember 2020

 

 

4

 

Penetapan Kinerja Individu

Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi

Melakukan penialaian SKP tahunan

 

SKP tahun 2019

 

 

Januari 2020

 

 

 

Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level atasnya

 

Penilaian SKP struktural

 

SKP struktural,

 

Januari 2020

 

Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodic

Penialian DUPAK Fungsional tertentu per semester

 

DUPAK Fungsional tertentu

 

Juli 2020, Januari 2021

 

Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan, dll)

Menyusun mekanisme Penilaian Pegawai Teladan ; Tim Penilai ; Kriteria yang jelas (SKP menjadi salah satu kriteria)

 

PPK (Penilaian Prestasi Kerja) ASN dan NON ASN

Desember 2020

 

 

5

Penegakan aturan disiplin / kode etik / kode prilaku pegawai

Aturan disiplin / kode etik / kode prilaku telah dilaksanakan / diimplementasikan

Menyusun SK Kepala Puskesmas tentang visi, misi, tata nilai dan budaya kerja, serta melakukan sosialisasi kepada staf

Sudah Terdapat SK kepala Puskesmas, Bukti sosialisasi, rekapan absensi

 

 

 

 

6

Sistem Informasi Kepegawaian

Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala

Pemutakhiran informasi kepegawian melalui SIMPEG

SIMPEG dilakukan setiap kali ada perubahan

 

Januari – Desember 2020

 

IV

PENGUATAN AKUNTABILITAS

 

 

1

 

Keterlibatan Pimpinan

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan perencanaan

Kepala Puskesmas memberikan pengarahan dan menandatangani Lembar Pengesahan Laporan Perencanaan tingkat Puskesmas tahun 2020

 

Laporan perencanaan tingkat puskesmas tahun 2020

Maret 2020

 

 

 

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan penetapan kinerja

Pimpinan  terlibat dalam Laporan Kinerja

Dokumen laporan kinerja semester dan tahunan

 

Februari , Agustus 2020

 

 

 

Pimpinan memantau

pencapaian kinerja secara berkala

Menyusun monitoring dan evaluasi

program

Laporan monitoring dan evaluasi

program

 

Setiap bulan

 

 

2

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

Dokumen perencanaan sudah ada

Menyusun Renstra dan Perencanaan Tingkat Puskesmas

Renstra 2019- 2023 dan Perencanaan Tingkat Puskesmas 2020

Maret 2020

 

Dokumen perencanaan telah beroientasi hasil

Menyusun Renstra dan Perencanaan Tingkat Puskesmas

Renstra 2019- 2023 dan Perencanaan Tingkat Puskesmas 2020

Maret 2020

 

Indikator Kinerja telah SMART

Menyusun Renstra, Perencanaan Tingkat Puskesmas dan laporan kinerja

Renstra 2019- 2023, Perencanaan Tingkat Puskesmas 2020 dan Laporan Kinerja 2019

 

Maret 2020

 

Laporan kinerja telah disusun tepat waktu

Menyusun laporan kinerja semester dan tahunan

Laporan Kinerja semester dan tahunan

Februari dan Agustus  2020

 

 

 

Pelaporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja

Menyusun laporan kinerja semester dan tahunan

Laporan Kinerja semester dan tahunan

Februari dan Agustus  2020

 

 

 

Terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

Mengikuti sosialisasi, seminar, workshop, pelatihan tentang akuntabilitas kinerja

Dokumen bukti telah mengikuti sosialisasi, workshop, pelatihan

Desember 2020

 

 

 

Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksnakan oleh SDM yang kompeten

Menyusun SK Tentang Penetapan Indikator dan Target Pencapaian Kinerja di UPTD Puskesmas Kuta Utara Tahun 2020

Sudah terdapat SK Tentang Penetapan Indikator dan Target Pencapaian Kinerja di UPTD Puskesmas Kuta Utara Tahun 2020

 

 

V

PENGUATAN PENGAWASAN

 

 

1

 

Pengendalian Gratifikasi

Public Campaign tentang pengendalian gratifikasi telah dilakukan

memasang poster,spanduk tentang gratifikasi dilingkungan Kantor dan running text,

mensosialisasiikan Gratisfikasi via website, dan instagram

Spanduk, Banner, Running Text, Website

  • 04 Juni 2020
  • Oleh: dikes
  • Dibaca: 1057 Pengunjung

  • Agenda Terkait Lainnya