RENCANA KERJA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

  • 04 Maret 2019
  • Oleh: dikes
  • Dibaca: 2155 Pengunjung

Hari/Tanggal
:
Senin, 04 Maret 2019 s/d Sabtu, 30 Maret 2019
Tempat
:
PUSKESMAS KUTA UTARA


 

RENCANA KERJA PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS 

KOMPONEN

INDIKATOR

LANGKAH AKSI

BUKTI FISIK

TARGET WAKTU

1

2

3

4

5

6

I

MANAJEMEN

PERUBAHAN

 

 

1

 

Tim Kerja

SK Tim Kerja ZI telah dibuat sesuai prosedur yang telah ditetapkan

  1. Menyusun SOP pemilihan tim kerja ZI
  2. Pemilihan calon anggota Tim Kerja ZI sesuai prosedur pembentukan Tim ZI

    Terbentuknya Tim Kerja ZI

  1.  SOP Pemilihan Tim Kerja ZI SK.
  2. SK. Tim Kerja Menuju Zona Integritas UPT. Puskesmas Kuta Utara

Maret 2019

 

 

 

2

 

 

Dokumen Rencana Pembangunan ZI

Dokumen rencana kerja pembangunan ZI telah dibuat dan disosialisasikan

Penyusunan dokumen rencana kerja pembangunan ZI, menentukan rencana aksi tahun 2019, mensosialisasikan kepada

seluruh pegawai, sosialisasi melalui website

Dokumen rencana kerja pembangunan ZI yang dipublikasikan di website UPT. Puskesmas Kuta Utara

Maret 2019

 

3

Pemantauan dan Evaluasi pembangunan

WBK/WBBM

Pemantauan dan Evaluasi pembangunan WBK/WBBM secara berkala per semester

Rapat Evaluasi pembangunan WBK/WBBM setiap 6 bulan sekali, Tindak lanjut hasil Monev

sebelumnya

Undangan rapat, daftar hadir, notulasi rapat, Lembar Monev ZI, bukti pelaksanaan tindak lanjut

hasil Monev sebelumnya

 

Juli, Desember 2019

4

Perubahan Pola Pikir dan budaya kerja

  1. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan WBK/WBBM
  2. Agen perubahan sudah ditetapkan
  3. Budaya kerja dan pola pikir sudah dibangun di lingkungan organisasi
  4. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM?
  1. Pimpinan memberi teladan dengan mengisi / mencatat kehadiran setiap hari seperti pegawai lain.
  2. Menetapkan SK Tim Agen perubahan
  3. Capacity Building, budaya kerja dan Pelayanan Prima
  4. Sosialisasi PZI kepada selutuh staf

 

  1. Daftar hadir
  2. SK Tim Agen Perubahan
  3. Surat undangan, Daftar Hadir; Notulen; DokumentasI
  4. Surat undangan, Daftar Hadir; Notulen,Dokumentasi

 

  1. Maret 2019
  2. Maret 2019
  3. April 2019
  4. April 2019

 

 

II PENATAAN TATA LAKSANA
   

1

Prosedur Operasional tetap (SOP) kegiatan utama

SOP telah mengacu pada proses bisnis instansi dan dipahami seluruh pegawai SOP telah dievaluasi

Seluruh pegawai telah memiliki SOP yang telah ditetapkan, SOP tersedia di ruang pelayanan. Melaksanakan evaluasi dokumen SOP

SOP UPT. Puskesmas Kuta Utara, Laporan Hasil Audit Internal tentang SOP

SOP yang sudah di ubah

Maret 2019

2

E- Office (2)

  1. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknolohi informasi
  2. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi
  3. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan Pemanfaatan IT pemberian layanan publik telah dilakukan monev secara berkala
  1. Absen online, penggunaan SIMPEG pada manajemen kepegawaian
  2. Penggunaan aplikasi p care dan e pusk
  3. Melakukan Monev pemanfaatan IT setiap enam bulan sekali dengan mengisi formulir MONEV

 

  1. Narasi dan Sreenshoot SIMPEG, dan absensi online
  2. Narasi serta screenshoot p care dan e pusk
  3. Formulir Monev pemanfaatan IT yang telah diisi

 

 

  1. Maret 2019
  2. Maret 2019
  3. Januari 2019 dst

 

 

 

     

3

Keterbukaan Informasi Publik

Kebijakan informasi publik telah sesuai dengan peraturan perundang- undangan

UPT. Puskesmas Kuta Utara menerapkan keterbukaan informasi publik. Kepala Puskesmas  menyediakan informasi publik secara jelas, akurat dan tepat waktu.

  1. Screenshoot/ dokumentasi disertai dengan narasi dari instagram, website puskesmas, running text dan banner yang terpasang.SK keterbukaan informasi publik
  2. RTL dari pengaduan masyarakat dan Indeks Kepuasan Masyarakat
  1. Maret 2019
  2. Mei 2019

 

   

 

 

Pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik telah dimonitoring dan dievaluasi secara berkala

Mengevaluasi website dan instagram puskesmas, serta running text dan banner

Dokumen evaluasi

Desember 2019

III

PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

1

Perencanaan Kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan

  1. Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing- masing jabatan
  2. Penempatan pegawai mengacu kepada kebutuhan organisasi yang telah disusun perjabatan

  3. Monitoring dan evaluasi terhadap penempatan pegawai untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja

  1. Menyusun analisa kebutuhan pegawai, Menyusun ANJAB ABK
  2. Menyusun tugas pokok dan tugas tambahan setiap pegawai sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan ketersedian tenaga
  3. Membuat Analisa SKP,

    Melakukan audit internal terhadap pelaksanaan pekerjaan berdasarkan SOP

  1. Dokumen ANJAB ABK, Laporan analisa Kenbutuhan pegawai
  2. SK Lap Puskesmas tentang tugas pokok dan tugas  tambahan
  3. Dokumen Analisa SKP,

    Dokumen Audit Internal

  1. Januari 2019
  2. Januari – Juli 2019
  3. Desember 2019
       

2

Pola Mutasi Internal

  1. Mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan
  2. Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukan secara berkala

  1. Mutasi pegawai antar jabatan ditetapkan dengan SK Kepala Puskesmas
  2. Membuat monitoring dan evaluasi efektifitas penempatan pegawai
  1. SK Kepala Puskesmas tentang penanggung jawab program dan tugas pokok tahun 2019
  2. Laporan monitoring efektifitas penempatan pegawai per triwulan
  1. Januari 2019
  2. Maret,Juni, September, Desember 2019
     

 

3

Pengembangan pegawai berbasis kompetensi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Unit kerja melakukan training need analysis untuk pengembangan kompetensi
  2. Penyusunan rencana pengembangan kompetensi pegawai sudah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai
  3. Persentase kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan kurang dari 25%
  4. Pegawai di unit kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya
  5. Monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam C49kaitannya dengan perbaikan kinerja dilakukansecara berkala

  1. Menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai melalui, Analisa Kebutuhan diklat fungsional tertentu dan fungsional umum
  2. Mengisi Form perencanaan pendidikan dan pelatihan sesuai fromulir
  3. Melakukan analisis Anjab ABK
  4. Menyusun rekapitulasi pegawai yang telah mengikuti diklat/magang

  5. Melakukan monev terhadap kegiatan pendidikan dan pelatihan yang telah diikuti

 

 

 

 

 

 

  1. Dokumen Training need analysis
  2. Form Perencanaan pendidikan dan pelatihan tahun 2019
  3. Prosentase kesenjangan kompetensi
  4. Register doklat dan pengembangan kopetensi lainnya
  5. Formulir monitoring efektifitas pendidikan dan pelatihan

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Juli 2019
  2. Juli 2019
  3. Agustus2019
  4. Setiap 3 bulan
  5. Desember 2019

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

       

 

4

 

Penetapan Kinerja Individu

  1. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan kinerja organisasi
  2. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level atasnya
  3. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodic
  4. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasr untuk pemberian reward (pengembangan karir individu, penghargaan, dll)
  1. Melakukan penialaian SKP tahunan
  2. Penilaian SKP struktural
  3. Penialian DUPAK Fungsional tertentu per semester
  4. Menyusun mekanisme Penilaian Pegawai Teladan ; Tim Penilai ; Kriteria yang jelas (SKP menjadi salah satu kriteria)

 

  1. SKP tahun 2018
  2. SKP struktural
  3. DUPAK Fungsional tertentu
  4. SK Tim penilai SOP penetapan pegawai teladan

 

  1. Januari 2019
  2. Januari 2019
  3. Maret 2019
  4. Desember 2019

 

 

 

5

Penegakan aturan disiplin / kode etik / kode prilaku pegawai

Aturan disiplin / kode etik / kode prilaku telah dilaksanakan / diimplementasikan

Menyusun SK Kepala Puskesmas tentang visi, misi, tata nilai dan budaya kerja, serta melakukan sosialisasi kepada staf

SK kepala Puskesmas, Bukti sosialisasi, rekapan absensi

 

Mei 2019

 

6

Sistem Informasi Kepegawaian

Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala

Pemutakhiran informasi kepegawian melalui SIMPEG

SIMPEG dilakukan setiap kali ada perubahan

 

Januari 2019

IV

PENGUATAN AKUNTABILITAS

 

1

 

Keterlibatan Pimpinan

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan perencanaan

Kepala Puskesmas memberikan pengarahan dan menandatangani Lembar Pengesahan Laporan Perencanaan Puskesmas tahun 2019

 

Laporan perencanaan puskesmas tahun 2019

Januari

2019

 

 

Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan penetapan kinerja

Pimpinan  terlibat dalam

penyusunan RENSTRA, Rencana Kerja 5 Tahunan. Laporan Kinerja

Dokumen RENSTRA, Dokumen Rencana lima Tahunan, dan laporan kinerja

 

Januari 2019

 

 

Pimpinan memantau

pencapaian kinerja secara berkala

Menyusun monitoring dan evaluasi

program

Laporan monitoring dan evaluasi

program

 

Setiap bulan

 

2

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

  1. Dokumen perencanaan sudah ada
  2. Dokumen perencanaan telah beroientasi hasil
  3. Indikator Kinerja telah SMART
  4. Laporan kienerja telah disusun tepat waktu
  1. Menyusun Renstra, Rencana Kerja 5 tahunan dan Laporan perencanaan puskesmas
  2. Menyusun Renstra, Rencana Kerja 5 tahunan dan Laporan perencanaan puskesmas
  3. Menyusun Renstra, Rencana Kerja 5 tahunan dan Laporan perencanaan puskesmas
  4. Menyusun laporan kinerja
  1. Renstra, Rencana Kerja 5 tahunan dan Laporan perencanaan puskesmas
  2. Renstra, Rencana Kerja 5 tahunan dan Laporan perencanaan puskesmas
  3. Renstra, Rencana Kerja 5 tahunan dan Laporan perencanaan puskesmas
  4. Laporan Kinerja

 

  1. Januari 2019
  2. Januari 2019
  3. Januari 2019
  4. Januari 2019
       

 

 

Pelaporan kinerja telah membnerikan informasi tentang kinerja

Menyusun laporan kinerja

Laporan Kinerja

Januari 2019

 

 

Terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja

Mengikuti sosialisasi semonar, workshop, pelatihan tentang akuntabilitas kinerja

Dokumen bukti telah mengikuti sosialisasi, workshop, pelatihan

Desember 2019

 

 

Pengelolaan akuntabilitas kinerja dilaksnakan oleh SDM yang kompeten

Menyusun SK Penyusun laporan kinerja

SK Penyusun laporan kinerja

Januari 2019

V

PENGUATAN

PENGAWASAN

 

 

 

 

 

1

 

Pengendalian Gratifikasi

Public Campaign tentang pengendalian gratifikasi telah dilakukan

memasang poster,spanduk tentang gratifikasi dilingkungan Kantor dan running text,

mensosialisasiikan Gratisfikasi via website, dan instagram

Spanduk, Banner, Running Text, Website, Intagram

Maret 2019

 

 

 

 

Pengendalian Gratifikasi telah diimplementasikan

Membuat laporan gratifikasi setiap bulan sekali. Menyusun rencana aksi atas hasil pengendalian

 Gratifikasi

Laporan Gratifikasi dan tindak lanjut

 

Januari s/d Desember 2019

 

2

 

Penerapan SPIP

Pengendalian Internal telah dibangun di lingkungan UPT. Puskesmas Kuta Utara

Menetapkan TIM SPI

 

 

SK Tim SPI, Tupoksi dan rencana kerja SPI

 

April 2019

 

 

Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang

telah diidentifikasi

Tim SPI melaksanakan kegiatan pengendalian di Lingkungan UPT. Puskesmas Kuta Utara

 

Notulensi kegiatan pengendalian di UPT. Puskesmas Kuta Utara

April 2019

 

 

SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak

Sosialisasi SPI kepada seluruh pegawai

Sosialisasi terkait dengan SPI (Darftar hadir, notulen, laporan)

April 2019

 

 

 

3

 

 

Pengaduan masyarakat

 

  1. Kebijakan pengaduan masyarkat telah diimplementasikan
  2. Hasil penanganan Pengaduan masyarkat telah ditindaklanjuti

  3. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

  4. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah

  1. Menyusun Tim Penanganan pengaduan masyarakat beserta uraian tugas beserta SOP
  2. Menysusun Laporan Tindak Lanjut pengaduan setiap bulan sekali
  3. Menyusun monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat per semester
  4. Menindaklanjuti hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat

 

  1. SK TIM Penanganan Pengaduan Masyarakat , SOP Penanganan Pengaduan Masyarakat
  2. Laporan Pengaduan
  3. Laporan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat
  4. Laporan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat
  1. Maret 2019
  2. Januari s/d Desember2019

  3. Juni, Desember 2019

  4. Juni, Desember 2019

       

 

4

 

Whistle Blowing System

  1. Whistleblowing system sudah diinternalisasikan
  2. Evaluasi atas penerapan whistle blowing system sudah dilakukan
  3. Hasil evaluasi atas penerapan whistle blowing system telah ditindaklanjuti
  1.  SK tentang pelaksanaan whistle blower system
  2. Melakukan monev atas penerapan whistle blowing system
  3. Melakukan tindak lanjut atas monev WBS

 

  1. SK tentang kebjakan whistleblowing system
  2. Laporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan WBS
  3. Laporan tindak lanjut monev WBS
  1. 04 Maret 2019
  2. Oleh: dikes
  3. Dibaca: 2155 Pengunjung

  4. Agenda Terkait Lainnya