Program Percepatan (Quick Wins) Pelayanan Darah di Puskesmas Kuta Utara

  • 08 Juli 2019
  • Oleh: puskesmaskutautara
  • Dibaca: 149 Pengunjung

Berdasarkan Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, angka kematian ibu sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup. Kematian ibu di Indonesia didominasi 3 penyebab kematian utama yaitu perdarahan, hipertensi dalam kehamilan dan infeksi. Salah satu upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan adalah pemenuhan kebutuhan darah bagi ibu melahirkan dengan komplikasi perdarahan. Hal ini membutuhkan program percepatan (Quick Wins) pelayanan darah yang aman dan berkualitas serta perlu didukung dengan ketersediaan pendonor darah sesuai kebutuhan. Upaya ini akan sangat optimal bila disertai dengan kesadaran dari pihak  keluarga ibu hamil untuk menjadi calon pendonor.
UPT Puskesmas Kuta Utara merupakan salah satu Puskesmas yang bekerjasama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD ) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Badung. Diharapkan kegiatan Quick Wins donor darah rutin dilaksanakan setiap bulan bagi calon pendonor  darah untuk ibu hamil dan sukarelawan umum. Kegiatan ini diharapkan dapat mengoptimalkan  perencanaan persalinan khususnya kesediaan pendonor darah bagi ibu hamil sehingga dapat mencegah kematian ibu hamil , bersalin maupun ibu nifas.
    Puskesmas Kuta Utara menjadwalkan   kegiatan Quick  pada tanggal 8 Juli 2019,  kegiatan ini akan dihadiri oleh peserta yang terdiri dari ibu hamil dan calon pendonor.  Rincian kegiatan Quick wins ini meliputi identifikasi ibu hamil dengan resiko tinggi, mengedukasi ibu hamil dan keluarganya agar menyiapkan minimal 4 calon donor, memberikan informasi tentang persyaratan donor  serta pemeriksaan kadar haemoglobin dan golongan darah ibu hamil.
    Selanjutnya akan dilakukan pula seleksi awal untuk pendonor (sukarelawan dari pihak keluarga) serta menginformasikan daftar ibu hamil dan calon pendonor ke unit transfusi darah.


  • 08 Juli 2019
  • Oleh: puskesmaskutautara
  • Dibaca: 149 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Sambutan

dr. Ni Putu Purlimaningsih, S.Ked.,M.Kes

Kepala Puskesmas


Om Swastiastu, Selamat datang di Website UPT Puskesmas Kuta Utara, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam pembuatan website ini. Terima kasih juga kami ucapkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Badung beserta seluruh staf UPT Puskesmas Kuta Utara yang telah memberikan kontribusi dalam kegiatan yang telah dilaksanakan di UPT Puskesmas Kuta Utara. Semoga website resmi ini dapat memberikan informasi tentang pelaksanaan program kesehatan di UPT Puskesmas Kuta Utara. Om Santi, Santi, Santi, Om

Jajak Pendapat
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kinerja Puskesmas Kuta Utara Kabupaten Badung?

    Jumlah Responden : 47