Tupoksi

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Badung Nomor 39 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Dinas Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, maka tugas dan fungsi Dinas Kesehatan Kabupaten Badung adalah :

 

Kepala Dinas Kesehatan mempunyai tugas :

 

Menyusun program/rencana kerja Dinas Kesehatan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

Melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Mengkoordinir penyusunan  langkah – langkah strategis dan  operasional  dinas bersama Sekretaris dan Kepala Bidang sesuai dengan peraturan  perundang – undangan yang berlaku;

Membagi tugas kepada bawahan sesuai   bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada bawahan  dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan agar sesuai dengan rencana kerja dan  ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier  bawahan;

Menyiapkan, menyusun rencana kerja dan kebijaksanaan bidang kesehatan meliputi upaya kesehatan, pembiayaan, sumber daya manusia, obat dan perbelakan, manajemen dalam rangka penetapan kebijaksanaan oleh Bupati;

Merumuskan kebijaksanaan operasional dalam bidang kesehatan berdasarkan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

Menyusun rencana kebijaksanaan dibidang kesehatan dalam rangka penetapan kebijaksanaan oleh Bupati;

Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan;

Membuat laporan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan.

Sekretariat  mempunyai tugas :

 

Menyusun rencana kerja Sekretariat berdasarkan rencana dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas Dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Melakukan koordinasi yang diperlukan dengan bidang-bidang intern dinas dan unit kerja terkait melalui Kepala Dinas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Mengkoordinir para Sub Bagian dalam menyusun langkah-langkah dan sistem kerja operasional sesuai bidang tugasnya dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang - undangan yang berlaku;

Menyusun kebijaksanaan operasional bidang perencanaan dan pengendalian, umum, kepegawaian dan keuangan sebagai pedoman pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya;

Memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan  agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai, dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;

Menyiapkan, Menyusun rencana kerja tata usaha keuangan, umum, kepegawaian dan perencanaan serta pengendalian berdasarkan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;

Menyiapkan merumuskan kebijaksanaan operasional dalam bidang kesehatan;

Melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan;

Membuat laporan terhadap pelaksanaan  kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas :

 

Menyusun rencana kegiatan tugasnya  berdasarkan rencana kerja dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuia dengan ketentuan peraturan perundang–undangan yang berlaku;

Mengkoordinir para Kepala Seksi dalam merumuskan program dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang - undangan yang berlaku;

Melakukan koordinasi yang diperlukan dengan kepala bidang lainnya dalam hal kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Mengkoordinir para kepala seksi dalam meneruskan program dan sistem kerja operasional dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

Melakukan koordinasi yang diperlukan dengan bidang lainnya dalam hal  kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;

membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan  agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;

menyiapkan, menyusun rencana kerja dan strategi pengembangan kesehatan dasar dan rujukan, kesehatan khusus, kefarmasian dan pengawasan bahan berbahaya berdasarkan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksaaan tugas;

melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan;

membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

Bidang  Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas :

 

menyusun rencana kegiatan tugasnya  berdasarkan rencana kerja dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuia dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

mengkoordinir para kepala seksi dalam merumuskan program dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang - undangan yang berlaku;

melakukan koordinasi yang diperlukan dengan kepala bidang lainnya dalam hal kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

mengkoordinir para kepala seksi dalam merumuskan program dan sistem kerja operasional dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan koordinasi yang diperlukan dengan bidang lainnya dalam hal  kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;

membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan  agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;

menyiapakan, menyusun rencana kerja dan strategi pengamatan, pencegahan dan penanggulangan penyakit serta penyehatan lingkungan, berdasarkan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksaaan tugas;

melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan;

membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

Bidang  Bina Kesehatan Keluarga mempunyai tugas :

 

menyusun rencana kegiatan tugasnya  berdasarkan rencana kerja dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

mengkoordinir para Kepala Seksi dalam merumuskan program dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang - undangan yang berlaku;

melakukan koordinasi yang diperlukan dengan kepala bidang lainnya dalam hal kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

mengkoordinir para Kepala Seksi dalam meneruskan program dan sistem kerja operasional dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undnagan yang berlaku;

melakukan koordinasi yang diperlukan dengan bidang lainnya dalam hal  kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;

membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan  agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;

menyiapakan, menyusun rencana kerja dan strategi penanganan gizi, KIA/KB, dan lansia berdasarkan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksaaan tugas;

melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan;

membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat mempunyai   tugas :

 

menyusun rencana kegiatan tugasnya  berdasarkan rencana kerja dan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku;

mengkoordinir para Kepala Seksi dalam merumuskan program dan sistem kerja operasional bidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang - undangan yang berlaku;

melakukan koordinasi yang diperlukan dengan kepala bidang lainnya dalam hal kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

mengkoordinir para Kepala Seksi dalam meneruskan program dan sistem kerja operasional dibidang tugasnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan koordinasi yang diperlukan dengan bidang lainnya dalam hal  kenyamanan dan keterpaduan tugas untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

menyusun langkah teknis operasional dibidang tugasnya sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;

membagi tugas kepada bawahan sesuai bidang tugasnya untuk dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

memberi bimbingan dan petunjuk kepada bawahan dibidang tugasnya agar tercapai kesesuaian dan kebenaran tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas bawahan  agar sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melakukan penilaian terhadap pelaksanaan tugas bawahan sesuai dengan hasil yang dicapai dengan mencocokkan terhadap petunjuk dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan pertimbangan dalam menilai peningkatan karier bawahan;

menyiapkan, menyusun rencana kerja dan strategi penyelenggaraan kesehatan intitusi, peran serta masyarakat, dan promosi kesehatan berdasarkan kebutuhan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;

melakukan evaluasi terhadap seluruh pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya untuk bahan perbaikan kedepan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh atasan;

membuat laporan terhadap pelaksanaan kegiatan dibidang tugasnya sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.;