Logo
+62 361 9009421
  • Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Badung - Alamat : Jalan Raya Sempidi - Mangupura - Badung Bali - Telp : +62 361 9009421 - Fax : +62 361 9009423 - Email : dikes@badungkab.go.id
  • Selamat datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Badung - Menyajikan Informasi Terkini seputar Program Kerja dan Agenda Kegiatan. Selamat datang di Website Resmi Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Badung - Menyajikan Informasi Terkin
Rabu Legi
Logo

Dr. I Gede Putra Suteja

Kadis Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Badung

Sejalan dengan pesatnya kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta menyikapi perkembangan tuntutan masyarakat guna mendapatkan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemerintah, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan adanya Tata Kepemerintahan yang baik. Tata Kepemerintahan yang baik antara lain bercirikan Transparansi, Efisien, Efektif, Profesional dan Akuntable yang dibangun atas dasar komunikasi yang sehat antara Pe

Foto Galeri

TIM FGD Dinas Kesehatan

LIHAT LAINNYA

Video Galeri

Dinas Kesehatan Adakan sosialisasi Perda KTR ke kampus-kampus

LIHAT LAINNYA

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Dinas Kesehatan Kabupaten Badung?

    Res : 92 Responden

Baca Artikel

Kram Kaki, Nyeri Pengganggu Tidur

Oleh : dikesbadung | 20 Oktober 2015 | Dibaca : 980 Pengunjung

Kram kaki merupakan suatu sensasi kontraksi otot yang nyeri atau tegang yang terjadi pada beberapa otot di kaki. Biasanya, kram kaki pada malam hari terjadi tanpa alasan dan tidak berbahaya – yakni karena kelelahan otot atau masalah saraf. Risiko kram kaki ini akan meningkat seiring usia. Wanita hamil juga kerap mengalaminya.
 
Pada kondisi tertentu (meski jarang), kram kaki pada malam hari terjadi karena penyakit peripheral artery, diabetes, atau spinal stenosis. Beberapa obat, terutama intravenous iron, estrogen, dan naproxen, juga dikatakan berhubungan dengan kram kaki.
 
Untuk kram kaki yang terjadi bukan akibat penyakit, maka untuk mencegahnya diperlukan latihan otot dan peregangan kaki secara rutin. Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang tinggi akan nutrisi, terutama saat Anda sedang hamil. Selain itu, konsumsilah sayuran dan buah secara cukup.
Selain dengan makan sayur dan buah, nyeri kram pada kaki dapat dikiatkan dengan cara berikut ini, selengkapnya pada halaman selanjutnya:
 
Lakukan olahraga ringan seperti mengendarai sepeda atau berjalan untuk melenturkan otot. Jangan secara tiba-tiba meningkatkan intensitas olahraga Anda. Sebaiknya tingkatkan intensitas olahraga secara perlahan.
 
Jika Anda merasa kekurangan nutrisi dari makanan sehari-hari, maka konsumsilah multivitamin sebagai nutrisi tambahan. Elemen seperti kalium dan magnesium berperan dalam kontraksi dan relaksasi otot, sehingga perlu dijaga keseimbangan kadarnya dalam tubuh. VITAMIN B1, B6 & B12 juga dapat membantu memelihara sel-sel saraf.
 
Apabila Anda masih merasakan kram di kaki setelah mencoba beberapa hal yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan. 


Oleh : dikesbadung | 20 Oktober 2015 | Dibaca : 980 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :